Wednesday, July 17, 2024
spot_imgspot_img
HomeIbu Kota NusantaraBandara VVIP IKN Ditargetkan Siap 2.200 Meter Agustus Nanti, Satgas IKN Polda...

Bandara VVIP IKN Ditargetkan Siap 2.200 Meter Agustus Nanti, Satgas IKN Polda Kaltim Turut Jaga Kelancaran Pembangunan

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Kementerian Perhubungan tengah gencar membangun Bandara VVIP atau Nusantara Airport di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ditargetkan, landasan pacu sepanjang 2.200 meter sudah siap digunakan pada Agustus 2024 mendatang.”Ada target panjang 3.000 meter landasannya, Insya Allah kita coba pada Agustus nanti itu sekitar 2.200 meter siap,” kata Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga, dilansir dari Kompas.com Jumat (14/6/2024).

Pembangunan Bandara VVIP IKN ini terbagi menjadi dua sisi, yaitu sisi darat yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR dan sisi udara oleh Kementerian Perhubungan. Saat ini, progres sisi darat termasuk gedung bandara dan landasan pacu telah mencapai 50%.

Baca Juga:  Honeywell Bantu Otorita IKN Bangun Kota Cerdas Nusantara, Polda Kaltim Jaga Keamanan

Bandara ini ditargetkan bisa digunakan untuk mendarat pesawat kepresidenan pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2024.

Namun, pembangunan sempat terkendala oleh tingginya curah hujan di Kawasan Sepaku, lokasi IKN.

“Kita punya jadwal, misal terkait pengisian embung, kalau curah hujan kurang kita coba rekayasa untuk menambah. Tetapi kalau misalnya kelebihan, kita upayakan “memindahkan hujan”. Modifikasi cuaca kita lakukan,” jelas Danis.

Upaya modifikasi cuaca ini dilakukan dengan menggandeng Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan mengatur jam kerja proyek menyesuaikan perkiraan cuaca.

Baca Juga:  Lembaga Adat Paser PPU Dukung Penuh Pembangunan IKN, Imbau Masyarakat tidak Terprovokasi Narasi Negatif Soal IKN

Satgas IKN Turut Jaga Kelancaran Pembangunan

Satuan Tugas (Satgas) Deteksi Percepatan Pembangunan IKN Polda Kaltim turut membantu kelancaran proses pembangunan, khususnya dalam aspek pengamanan.

Dengan sinergi dari berbagai pihak, diharapkan pembangunan Bandara VVIP IKN dapat berjalan lancar dan selesai sesuai target, sehingga dapat mendukung pelaksanaan percepatan pembangunan IKN.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -
Google search engine

Berita Populer