Wednesday, July 17, 2024
spot_imgspot_img
HomePemiluDeklarasi Pilkada Serentak Jatim 2024 Aman Damai Menggema di Surabaya

Deklarasi Pilkada Serentak Jatim 2024 Aman Damai Menggema di Surabaya

infoterkini.my.id, Surabaya – Pilkada Serentak 2024 bakal berlangsung di Jawa Timur. Untuk menyongsong digelarnya kontestasi tersebut, sejumlah aktivis melakukan deklarasi Pilkada Jatim damai.
Ada belasan orang dari Patriot Garuda Nusantara berkumpul di Cafe Lokal Poin Jalan Dupak Rukun Kota Surabaya pada Kamis (27/6/2024) sekitar pukul 09.00 sampai 10.30 WIB. Di sana, mereka melakukan Deklarasi Pemilukada Jatim 2024 aman dan damai.

Ketua PGN Makorwil Jatim Purba Laksana Siswanto mengatakan, deklarasi ini bertujuan untuk mendukung pelaksanaan Pemilukada Jatim 2024 yang damai dan berintegritas.

Selain itu, ia bersama 15 orang yang ada di sana berharap masyarakat Jatim turut berperan aktif dalam semua tahapan Pilkada Jatim 2024 secara jujur, adil, santun, berbudaya dan bermartabat.

“Saya mengharapkan kepada para peserta Pemilukada nantinya agar melakukan kegiatan kampanye secara tertib dan mengikuti aturan yang telah disepakati dan ditetapkan,” kata Purba dalam keterangannya, Kamis (27/6/2024).

Baca Juga:  LMJ Menggelar Acara Pemilu Damai Bersama Ratusan Relawan Hendy Siswanto Yang Dihadiri Oleh Gus Aab

Ia ingin para peserta pemilu maupun warga menghindari kampanye hitam. Begitu juga dengan narasi kebencian untuk menjatuhkan salah satu paslon.

Purba menilai, dalam setiap kontestasi politik, masyarakat sering dibenturkan oleh para pihak yang berkepentingan untuk mendongkrak salah satu paslon. Lantas, masyarakat sering menjadi korban kepentingan politik.

“Yang nantinya akan berujung pada pidana maupun isu SARA. Mengingat hal tersebut sangat perlu dilakukan semacam kegiatan sosialisasi maupun semacam edukasi terhadap masyarakat. Sehingga menjadi masyarakat yang cerdas serta tidak mudah terpancing provokasi,” ujarnya.

Ia berharap, dalam Pilkada Jatim 2024 dapat melahirkan para pemimpin daerah yang pro terhadap rakyat. Serta, mementingkan kepentingan rakyat dari pada pribadi maupun suatu kelompok.

Purba dan para peserta aksi yang hadir juga membacakan deklarasi Pilkada Jatim 2024 aman dan damai 2024, di antaranya:

  1. Siap menjaga keutuhan NKRI berdasarkan pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  2. Siap ikut mensukseskan dan mewujudkan Pemilukada Jatim tahun 2024 yang bermartabat, berintegritas, jujur, adil, aman, damai dan demokratis.
  3. Menyerukan kepada masyarakat Provinsi Jawa Timur untuk tidak melakukan penyebaran ujaran kebencian atau hoax atas dasar sara, intoleransi dan radikalisme agama serta dapat memanfaatkan berbagai sarana media sosial dan sarana publik lainnya secara cerdas dan bertanggung jawab.
  4. Menyerukan kepada masyarakat provinsi Jatim untuk mencegah dan menolak segala bentuk kampanye hitam serta agar tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  5. Siap mendukung sinergitas antara elemen pemerintahan, TNI – Polri, tokoh agama dan elemen masyarakat demi terciptanya keamanan yang aman kondusif di wilayah provinsi Jatim.
BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -
Google search engine

Berita Populer