Wednesday, July 17, 2024
spot_imgspot_img
HomeIbu Kota NusantaraPolda Kaltim dan Pemprov Siap Dukung Momentum Pelaksanaan HUT Ke-79 RI di...

Polda Kaltim dan Pemprov Siap Dukung Momentum Pelaksanaan HUT Ke-79 RI di IKN

NUSANTARA – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) siap mendukung pelaksanaan upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN). Perhelatan upacara tahun ini merupakan yang perdana dipusatkan di IKN sehingga dianggap sebagai momentum bersejarah.

Oleh karena itu, persiapan pelaksanaan hingga saat ini terus dilakukan seluruh pihak yang terlibat, termasuk Pemerintah Provinsi Kaltim, Pemerintah Kabupaten/Kota, TNI dan Polri di wilayah Kaltim.

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik menegaskan kesiapan Kaltim menjadi penyelenggara acara perhelatan Nasional tahunan ini dari seluruh sisi.

“Intinya kita ingin persiapan pelaksanaan dapat dikerjakan sesempurna mungkin. Sebab, ini bagian dari sejarah masyarakat Kaltim dan Indonesia, sehingga semua harus siap,” kata Akmal usai Rapat Koordinasi Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, di Balikpapan, dilansir kompas.com Kamis (4/7/2024).

Baca Juga:  Pekerjaan Proyek Pembangunan IKN Dihentikan Sementara pada Peringatan HUT Kemerdekaan RI, Satgas Polda Kaltim Tingkatkan Pengamanan

Menurutnya, meski agenda ini merupakan tanggung jawab Pemerintah Pusat, namun karena pelaksanaannya dikonsentrasikan di IKN yang menjadi bagian dari wilayah Provinsi Kaltim, maka Pemprov maupun Kabupaten/Kota serta TNI/Polri di Kaltim juga bertanggung jawab.

Sebab, bagaimana pun juga, IKN bagi Pemerintah Daerah maupun masyarakat Kaltim adalah berkah. Akan ada banyak masyarakat yang antusias menyambut upacara ini. Di luar undangan saja, masyarakat yang menyatakan hadir ada 1.000 orang.

Akmal menuturkan, persiapan yang menjadi fokus perhatian adalah mobilitas dan pergerakan massa, ketersediaan logistik, ketersediaan pangan, biutifikasi kota/kabupaten yang dilintasi, hingga upacara penyambutan para tamu negara dan tamu undangan.

 “Pergerakan yang paling crowded nanti adalah pada saat 17 Agustus. Sebab, ada dua kegiatan, yaitu upacara kenaikan dan penurunan. Jangan sampai kondisi ini menyebabkan kemacetan,” tegasnya.

Baca Juga:  Masyarakat Sepaku Puas dengan Proses Penyaluran Ganti Untung IKN, Apresiasi Kepada Pemerintah dan Kepolisian

Sementara itu, Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto menjelaskan, pelaksanaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN merupakan sebuah penghormatan dan penghargaan bagi Kaltim. “Karena itu, persiapan setiap saat harus update. Kondisi ini tentu akan menjadi antusias masyarakat untuk ikut menyukseskan,” ucap Nanang.

Sedangkan untuk pengamanan secara keseluruhan di Kaltim seluruh panitia di daerah siap mendukung komando Kodam VI Mulawarman.

Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Bayu Permana menjelaskan, sejak awal Agustus persiapan pengamanan sudah dilakukan, termasuk prosesi pengantaran duplikat bendera merah putih dan teks proklamasi.

“Kondisi ini tentu akan disambut antusias masyarakat. Karena itu, pengamanan tetap menjadi perhatian bersama-sama. Artinya, semua terlibat dalam pelaksanaan. Termasuk, saat Hari H upacara,” tuntasnya.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -
Google search engine

Berita Populer