Wednesday, July 17, 2024
spot_imgspot_img
HomeIbu Kota NusantaraSatgas Deteksi Polda Kaltim Tingkatkan Pengamanan Pembangunan Bandara VVIP IKN, Target Siap...

Satgas Deteksi Polda Kaltim Tingkatkan Pengamanan Pembangunan Bandara VVIP IKN, Target Siap Digunakan 17 Agustus 2024

NUSANTARA – Satuan Tugas (Satgas) percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) Polda Kaltim meningkatkan pengamanan di kawasan pembangunan Bandara VVIP IKN atau yang dikenal sebagai Bandara Nusantara. Saat ini, proyek landasan pacu bandara di Penajam Paser Utara telah memasuki tahap pengaspalan.

Dilansir dari Kompas.com, bahwa PT Brantas Abipraya, salah satu kontraktor pelaksana KSO bersama PT PP (Persero) Tbk, mempercepat pengerjaan landasan pacu sepanjang 3.000 meter x 45 meter. Percepatan ini dilakukan sesuai arahan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2023 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandar Udara VVIP di IKN.

Baca Juga:  Lembaga Adat Paser PPU Dukung Penuh Pembangunan IKN, Imbau Masyarakat tidak Terprovokasi Narasi Negatif Soal IKN

“Kami berkomitmen menyelesaikan paket pekerjaan tepat waktu agar manfaat bandara ini dapat segera dirasakan,” ujar Direktur Utama Brantas Abipraya, Sugeng Rochadi.

Brantas Abipraya bersinergi dengan BUMN konstruksi lain dalam lingkup pekerjaan pembangunan runway, taxiway, apron, dan jalan relokasi. Nilai kontrak untuk pekerjaan ini mencapai Rp 4,2 triliun yang bersumber dari APBN.

Pembangunan fisik dimulai pada 28 November 2023 dan ditargetkan rampung seluruhnya pada Desember 2024. Namun, untuk menyambut HUT ke-79 Kemerdekaan RI, runway sepanjang 2.200 meter ditargetkan selesai dibangun pada 17 Agustus 2024.

Baca Juga:  Humanisme Polri Terjaga, Aksi Unjuk Rasa di BPN PPU Berjalan Tertib dan Aman

“Brantas Abipraya fokus mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di IKN. Tak hanya kualitas konstruksi, estetika dari setiap karya konstruksi kami juga akan diutamakan,” ungkap Sugeng.

Bandara Nusantara terletak sekitar 25 kilometer dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, dan sekitar 107 kilometer dari Bandara APT Pranoto Samarinda.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -
Google search engine

Berita Populer