Wednesday, July 17, 2024
spot_imgspot_img
HomeIbu Kota NusantaraSekretaris Otorita IKN Bahas Visi Ibu Kota Baru Indonesia di Power Talk...

Sekretaris Otorita IKN Bahas Visi Ibu Kota Baru Indonesia di Power Talk Nusantara, Peran Polda Kaltim dalam Keamanan

JAKARTA – Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Dr. Achmad Jaka Santos Adiwijaya, S.H., LL.M., menggarisbawahi signifikansi keputusan strategis pembangunan Ibu Kota Nusantara dalam acara IPMI Power Talk Series yang berlangsung di Jakarta belum lama ini.

Dalam forum yang dipandu oleh tema ‘Nusantara: The New Indonesia’s Capital City Towards Golden Indonesia 2045’, Jaka menekankan pentingnya langkah ini bagi masa depan Indonesia.

Menurut Jaka, pemindahan ibu kota bukan sekadar keputusan administratif, tetapi sebuah langkah penting yang diatur secara hukum untuk mendorong pembangunan nasional.

 “Keputusan ini tidak hanya merupakan inisiatif Presiden, tetapi juga sebuah komitmen untuk memajukan peradaban bangsa melalui kerangka hukum yang efektif,” ujarnya.

Baca Juga:  Dialog Publik Divhumas Polri di Kalimantan Timur Dorong Harmonisasi untuk Percepatan Pembangunan IKN

Ia menjelaskan bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara berpijak pada empat visi utama yang terintegrasi dengan Visi Indonesia Emas 2024.

 “Pembangunan IKN bukan sekadar pemindahan fisik, tetapi juga pembangunan peradaban baru yang berpusat pada kualitas manusia unggul berbasis IPTEK, pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan inklusif, dan peningkatan ketahanan nasional serta tata kelola pemerintahan,” paparnya.

Rektor IPMI, Prof. Ir. Aman Wirakartakusumah M.Sc., Ph.D., menyambut baik kontribusi IPMI dalam menghadirkan wawasan dan mendukung progres pembangunan IKN. “Forum ini bukan hanya sekadar membahas progres fisik, tetapi juga peluang kolaborasi untuk kontribusi ilmiah dalam proses pembangunan IKN,” ujarnya.

Baca Juga:  Masyarakat Adat Kalimantan Timur Mendukung dan Siap Kawal Pembangunan Ibu Kota Nusantara

Acara ini diharapkan tidak hanya memberikan pemahaman mendalam mengenai pentingnya Ibu Kota Nusantara, tetapi juga menjadi platform diskusi untuk berbagai aspek teknis dan strategis pembangunan yang dipimpin oleh Sekretaris Otorita IKN.

Dengan demikian, pembangunan Ibu Kota Nusantara bukan hanya sebagai proyek infrastruktur monumental, melainkan juga sebagai tonggak kebangkitan baru dalam sejarah peradaban Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

Selaras dengan hal itu, Satuan Tugas (Satgas) Deteksi percepatan pembangunan IKN Polda Kaltim juga terus melakukan upaya pengamanan pada proyek strategis nasional IKN.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -
Google search engine

Berita Populer