Thursday, April 18, 2024
spot_imgspot_img
HomePemiluGanjar Akan Sediakan Rusunawa untuk Buruh Dekat Pabrik

Ganjar Akan Sediakan Rusunawa untuk Buruh Dekat Pabrik

1berita.com — Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo berjanji meningkatkan kesejahteraan buruh jika terpilih pada Pilpres 2024. Ganjar memastikan bakal menyediakan perumahan bagi buruh yang dekat dengan pabrik.

Hal tersebut disampaikan Ganjar saat mengunjungi PT UNIPRES Indonesia di Industri Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (17/11).

Ganjar mengatakan sudah membuat sejumlah program selama menjabat gubernur Jawa Tengah, seperti menjamin pendidikan anak-anak buruh, kesehatan buruh dan keluarganya, serta sistem transportasi yang efisien.

“Mereka rata-rata boros di sini, maka kalau perumahannya dekat, ada rusunawa, rusunaminya dekat pabrik, maka akan mengurangi akomodasi,” kata Ganjar.

Ganjar mengaku selalu meminta kepada pihak yang ingin membangun kawasan industri untuk menyediakan perumahan di sekitar pabrik. Menurutnya, hal ini dapat mengurangi biaya akomodasi buruh.

Baca Juga:  Forum Pembaruan Kebangsaan Kaltim Imbau Masyarakat jaga Persatuan pada Pemilu dan Pileg 2024

“Kalau ada kawasan industri semacam ini, kita minta di sebelahnya ada satu space untuk perumahan, jadi orang tinggal jalan kaki, ini hemat. Maka pendapatan itu akan makin bisa tercukupi karena insentif ini, saya katakan ini insentif,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan pengembangan transportasi umum di sekitar pabrik juga harus dilakukan. Ia meyakinkan bahwa langkah-langkah ini akan membawa perubahan positif dalam mewujudkan kesejahteraan bagi buruh Indonesia.

“Ini kalau kita menggunakan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dan regulasi terkait upah buruh,” katanya.

Ganjar berkomitmen untuk membuat berbagai kebijakan lain sesuai dengan kebutuhan buruh. Ia pun mengapresiasi PT UNIPRES yang telah berhasil memproduksi bodi kendaraan untuk berbagai merek dengan tenaga kerja sebagian besar berasal dari Indonesia.

Baca Juga:  "Transisi Alutsista Jangan Sampai Penggunanya Tidak Siap" Ungkap Ganjar

“Ada empat ekspatriat di sini, yang lain adalah orang Indonesia. Ini adalah peluang besar bagi kita untuk belajar. Jika kita bisa mengembangkan dan meniru tidak hanya teknologi mereka, tetapi juga budaya kerja, kecanggihan, dan kinerja mereka, maka kita memiliki potensi untuk menjadi negara maju,” ujarnya.

Ganjar maju bersama Menko Polhukam Mahfud MD di Pilpres 2024. Pasangan capres-cawapres itu diusung oleh PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo. Ganjar-Mahfud mendapat nomor urut 3.

Mereka akan bertarung melawan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) nomor urut 1 dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabumung nomor urut 2.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -
Google search engine

Berita Populer