Wednesday, April 24, 2024
spot_imgspot_img
HomePemerintahanIndonesia Akan Terus Dukung Perjuangan Palestina

Indonesia Akan Terus Dukung Perjuangan Palestina

1berita.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah akan terus memberikan dukungan politik bagi Palestina. Jokowi mengungkap sebagai salah satu utusan khusus OKI, pemerintah melalui Menlu Retno Marsudi tengah menggalang dukungan ke beberapa negara untuk menghentikan kekerasan di Gaza.

“Selain bantuan kemanusiaan, Indonesia akan terus memberikan dukungan politik bagi Palestina dan sebagai salah satu utusan khusus OKI, Menteri Luar Negeri sedang berada di beberapa negara untuk menggalang dukungan agar kekejaman di Gaza dihentikan,” kata Jokowi saat pelepasan bantuan tahap kedua ke Palestina, di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin (20/11/2023).

Baca Juga:  Biden Menyuarakan Peringatan kepada Netanyahu: Pendudukan Gaza Terancam Menjadi Kesalahan Fatal!

“Dilakukan sesegera mungkin gencatan senjata, dan bantuan kemanusiaan bisa masuk dengan baik untuk membantu saudara-saudara kita di Gaza,” lanjutnya.

Jokowi menegaskan RI akan terus bersama berjuang mendukung Palestina. “Sekali lagi saya tegaskan bahwa Indonesia akan terus bersama mendukung perjuangan bangsa Palestina,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi kembali memimpin pelepasan bantuan untuk Palestina. Bantuan ini pengiriman tahap kedua setelah bantuan pertama dikirim pada awal November.

Pantauan detikcom, pelepasan bantuan dilakukan dari Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin (20/11/2023), sekitar pukul 08.30 WIB. Bantuan tahap kedua ini dikirim sebanyak 21 ton.

Bantuan ini dikirim menggunakan pesawat kargo BBN Airlines ke Bandara El Arish. Bantuan mayoritas terdiri dari alat medis hingga obat-obatan.

Baca Juga:  Jokowi Merespon mengenai Ucapan Megawati 'Baru Berkuasa Bertindak Seperti Orde Baru'

“Alhamdulillah kita kirim lagi bantuan kepada saudara kita di Gaza dengan dua pesawat yang akan mengangkut 21 ton, yang ini adalah berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, makanan dan keperluan lainnya sesuai kebutuhan masyarakat di Gaza,” kata Jokowi.

“Bantuan bersumber dari anggaran pemerintah sebesar Rp 31,9 miliar dan juga dari perusahaan, dari masyarakat antara lain dari PT Paragon Technology and Innovation, Indonesia Humanitarian Alliance, Kita Bisa, Baznas, dan lain-lainnya,” lanjut Jokowi.

SourceDetikom
BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -
Google search engine

Berita Populer