Thursday, April 18, 2024
spot_imgspot_img
HomeTerkiniMasyarakat Adat Kaltim Dukung IKN, Asalkan Haknya Dipenuhi

Masyarakat Adat Kaltim Dukung IKN, Asalkan Haknya Dipenuhi

SAMARINDA – Sejumlah organisasi di Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar peringatan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara di Samarinda pada Minggu (17/3/2024). Acara bertema “Perkuat Kampung dan Solidaritas, Teguhkan Resiliensi Masyarakat Adat Nusantara” ini dihadiri sekitar 70 orang.

Ritual adat diawali oleh Ketua Adat Dayak Modang Jiu dan Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kaltim Saiduani dengan memotong ayam jantan. Ritual ini melambangkan niat tulus dan harapan restu dari Tuhan YME.

Syamsiah, perwakilan Suku Baliq, menyatakan dukungannya terhadap Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara. “Kami tidak keberatan dengan keberadaan IKN, tapi kami minta jangan mengambil hak-hak kami,” tegasnya saat berorasi.

Baca Juga:  Peran Rektor Uniba dalam Mendukung IKN: Buku-buku untuk Prabowo

Syamsiah meminta tempat layak bagi Suku Baliq di kawasan IKN agar keberlangsungan hidup mereka terjaga. “Kami memohon berikan kami tempat yang layak,” pintanya.

Senada dengan Syamsiah, Ketua Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) Kaltim Erika Siluq meminta kaum intelektual muda memperjuangkan hak masyarakat adat, terutama dengan adanya IKN. “Kaltim kini primadona karena ditunjuk sebagai IKN. Saya minta agar memperhatikan janji-janji dan mimpi-mimpi masyarakat adat harus dipenuhi,” harapnya.

Ketua BEM KM Unmul Naufal Banu Tirta Satria menambahkan bahwa tugas mahasiswa salah satunya adalah membantu masyarakat adat di Kaltim memanfaatkan kearifan lokal. “Karena kita berada di Kaltim, maka kita harus memperjuangkan masyarakat adat di Kaltim. Kita harus mengesampingkan pro kontra IKN dan fokus pada kesejahteraan masyarakat adat di Kaltim,” tegasnya.

Baca Juga:  Warga Terdampak Pembangunan Bandara VVIP IKN Terima Santunan, Dukung Penuh Proyek IKN

Acara ditutup dengan pembacaan puisi dan pernyataan sikap terkait Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -
Google search engine

Berita Populer