Wednesday, April 24, 2024
spot_imgspot_img
HomePemiluRektor Universitas Balikpapan Ikut Deklarasi Pemilu Aman dan Damai pada Forum Rektor...

Rektor Universitas Balikpapan Ikut Deklarasi Pemilu Aman dan Damai pada Forum Rektor Indonesia di Makassar

Infoterkini.my.id – Rektor Universitas Balikpapan, Dr. Ir. M. Isradi Zainal, M.T., M.H., M.M., DESS., M.K.K.K., IPU, telah berpartisipasi dalam Deklarasi Pemilu Aman dan Damai yang diadakan oleh Forum Rektor Indonesia (FRI) di Makassar pada Sabtu (3/1/2024).

Acara yang dihadiri oleh sejumlah rektor universitas ternama ini menyuarakan seruan untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Forum Rektor Indonesia (FRI) menegaskan dukungannya terhadap pemilu yang damai. Melalui pernyataan sikap, FRI menolak segala bentuk upaya provokasi yang dapat merusak persaudaraan serta tindakan yang merugikan jalannya pesta demokrasi.

Deklarasi ini diumumkan dalam acara ramah-tamah di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan. Terdapat empat poin dalam deklarasi ini, yang ditandatangani oleh 13 rektor dari berbagai perguruan tinggi, termasuk rektor Universitas Hasanuddin, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, dan Institut Teknologi Bandung.

Baca Juga:  Gepak Kuning Kaltim Ajak Masyarakat Dukung Pemilu Damai 2024

Terdapat beberapa poin penting yang disampaikan untuk menjaga kelancaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024:

1. Mengajak Seluruh Komponen Bangsa Menyukseskan Pemilu 2024 yang Aman dan Damai

Forum Rektor Indonesia dengan tegas mendukung pelaksanaan pemilu yang aman dan damai. Mereka mengajak semua komponen bangsa untuk aktif berpartisipasi dalam proses demokrasi, dengan harapan suksesnya pemilu akan menjadi cermin persatuan dan kesatuan bangsa.

2. Menolak Segala Bentuk Upaya Provokasi dan Tindakan yang Menciderai Pesta Demokrasi

Rektor Isradi Zaenal dan rektor-rektor lainnya menegaskan penolakan terhadap segala bentuk upaya provokasi yang dapat merusak persaudaraan. Komitmen mereka adalah menjaga integritas dan kesejahteraan bangsa, serta menolak tindakan yang dapat merugikan esensi dari pesta demokrasi.

3. Bersama-sama Menangkal Berita Hoax dan Ujaran Kebencian

Forum Rektor Indonesia mengajak masyarakat untuk bersama-sama melawan penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian yang dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu 2024. Mereka menekankan pentingnya informasi yang akurat dan bertanggung jawab dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama periode pemilihan.

Baca Juga:  Direktur RS Al-Shifa dan Dokter-dokter Senior Ditangkap Oleh Israel

4. Menghargai Perbedaan Pilihan dan Menggunakan Hak Pilih dengan Hati Nurani

Rektor Isradi Zaenal menekankan pentingnya penggunaan hak pilih sesuai hati nurani. Warga negara yang memiliki hak pilih diingatkan untuk menghargai perbedaan pilihan setiap individu. Selain itu, ajakan agar tidak golput juga menjadi sorotan untuk mewujudkan partisipasi aktif dalam demokrasi.

Dengan kehadiran Rektor Universitas Balikpapan dan rektor-rektor lainnya, deklarasi ini menjadi langkah konkret dalam menjaga ketertiban, persatuan, dan kesatuan dalam pelaksanaan demokrasi Pemilu 2024. Kontribusi nyata dari dunia pendidikan diharapkan dapat menciptakan suasana pemilu yang aman, damai, dan bermutu.

BERITA LAINNYA

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar anda!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

- Advertisment -
Google search engine

Berita Populer